Mengenalkan Pahlawan Nasional pada Anak

Si Kecil bisa dengan fasih dan lancar menyebutkan superhero favoritnya, lengkap dengan kekuatan andalan dan bahkan warna kostumnya. Anak tidak hanya boleh mengenal Superman, Batman dan Iron Man. Ajak si kecil mengenal juga pahlawan asli dari negaranya sendiri. Agar tidak bosan siasati dengan cara mudah yang menyenangkan ini.

  1. Nama Jalan Pahlawan

Saat perjalanan menuju suatu tempat favorit, pilih rute jalan yang dinamai dengan nama-nama pahlawan besar Indonesia. Jangan lupa saat berkendara di jalan tersebut, sebutkan nama jalan sambil sedikit bercerita tentang asal-usul dan perjuangan si pahlawan. Orang tua harus punya wawasan luas dan rajin membaca kisah para pahlawan nasional.

  1. Wisata Sejarah

Agar lebih hidup, sesekali ajaklah si kecil ke museum atau tempat bersejarah yang sarat dengan memorabilia pahlawan. Tentunya sambil melewati foto, patung, benda bersejarah, benteng, atau sekedar ruangan. Jangan lupa ceritakan siapa si pahlawan tersebut. Museum G30S PKI di Lubang Buaya atau Museum Proklamasi, atau Monas bisa jadi pilihan. Di Monas, si kecil bahan bisa mendengar suara Soekarno membacakan teks proklamasi.

  1. Buku Pahlawan Bergambar

Si Kecil gemar buku? Pilihkan saja buku yang berisi gambar-gambar pahlawan nasional. Dia akan bisa mamandang ilustrasi wajah yang digambarkan untuk lebih mengenalnya.

  1. Tempel Poster

Tidak hanya poster tokoh kartun, poster pahlawan juga bisa dipertimbangkan untuk di temple di dinding kamar anak di samping poster Spongebob Squarepants.

  1. Mata Uang

Sediakan lembaran uang kertas berbagai pecahan, mulai dari Rp1000, Rp5000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000. Ajak si kecil mengenali pahlawan nasional yang ada di lembaran uang kertas tersebut.

  1. Dongeng Pahlawan

Ini adalah salah satu cara mengenal pahlawan nasional paling sederhana kepada anak karena tidak memakai media apapun. Saat anak meminta didongengkan sebelum rakyat Aceh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s